Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2022 dan Sosialisasi Desa Membangun berbasis SDGS Desa pada tanggal 11 Mei 2021 secara virtual. Indeks Desa Membangun adalah Indeks Komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa. Indeks Desa Membangun disusun untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menangani pengentasan Desa Tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri.

Sebagaimana tercantum dalam Permendesa PDTT Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Indeks Desa Membangun (IDM) bahwa tujuan penyusunan IDM adalah:

  1. menetapkan status kemajuan dan kemandirian Desa; dan
  2. menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa.

Pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals disingkat SDGs.

TUJUAN DAN SASARAN SDGs DESA

Mengutip dari Permendesa 13/2020  setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu :

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Dengan SDGs Desa maka arah tujuan pembangunan di Desa akan lebih terarah dan terukur untuk makmur dan mandiri dengan melibatkan semua pihak yang ada di desa serta mengoptimalkan potensi desa yang ada.

Rakor diikuti oleh bagian perencanaan di 26 Perangkat Daerah serta Koordinator Pendamping Kabupaten Madiun. Diharapkan terjalin sinergitas dan kerjasama sehingga terwujud linieritas perencanaan pembangunan Desa dengan Pemerintah Daerah demi mewujudkan Visi Kabupaten Madiun “Terwujudnya Kabupaten Madiun Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak“.

Categories:

Tags:

Comments are closed

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi
Kementrian Dalam Negeri
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Provinsi Jawa Timur