*diadopsi dari PPID Provinsi Jawa Timur ilustrasi permohonan secara langsung

MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK:

  1. Pemohon Informasi Publik mengajukan permintaan informasi kepada Badan Publik, baik langsung, secara lisan, maupun melalu surat atau surat elektronik (email), permintaan juga dapat dilakukan melalui telpon. Permohonan secara langsung: Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembaga publik/ormas dilengkapi foto copy akta pendirian, surat keterangan terdaftar di Bakesbangpol, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas;
  2. Maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannnya ;
  3. Petugas memberi  tanda bukti penerimaan permintaan  informasi publik kepada pemohon informasi publik ;
  4. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik ;
  5. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan keterangan perundangan yang berlaku ;
  6. Petugas memberikan Tanda bukti Penyerahan informasi Publik kepada pengguna informasi publik;
  7. Membukukan dan mencatat.

PROSEDUR PENYELESAIAN PERMOHONAN :

  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  2. Waktu penyelesian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari (sepuluh) hari kerja sejak tidak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan dokumentasi (PPID) akan menyampaiakan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak serta PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja;
  3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi publik dapat dilakukan secara langsung, melalui email, fax atau pun jasa pos;
  4. Jika permohonan informasi diterima maka dalam surat pemberitahuan juga dicantumkan materi informasi yang diberikan, format informasi,apakah dalam bentuk soft copy atau hard copy/data tertulis serta beban biaya apabila dibutuhkan untuk keperluan penggandaan atau perekaman. Bila permintaan informasi ditolak maka dalam surat pemberitahuan dicantumkan alasan penolakan berdasarkan UU KIP;
  5. PPID Pembantu DPMD Kabupaten Madiun yang akan menolak memberikan Informasi Informasi publik yang baik sesuai dg ketentuan peraturan perundang-undangan, dengan prosedur sebagai berikut :
  6. PPID Pembantu DPMD Kabupaten Madiun mengadakan rapat koordinasi dengan anggota PPID Pembantu DPMD Kabupaten Madiun paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah surat permohonan diterima PPID Pembantu DPMD Kabupaten Madiun;
  7. Hasil Keputusan rapat koordinasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat;
  8. Hasil keputusan rapat didokementasikan dengan baik.

WAKTU PELAYANAN INFORMASI :

Dalam memberikan layanan Informasi kepada pemohon informasi, PPID Pembantu menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik. Penyelenggaraan pelayanan informasi publik dilaksanakan pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat dengan jadwal sebagai berikut :

Senin – Kamis : 08.00 – 11.00 WIB dan 13.00 – 14.00

Jumat              : 08.00 – 11.00 WIB

Pengajuan Permohonan Secara Online, dapat dikirmkan ke alamat email Dinas PMD Kabupaten Madiun

Download : Formulir Permohonan Informasi